I.
DEFINISI NEW
MEDIA
Kata
media berasal dari bahasa latin yang memiliki arti sebagai perantara sebuah
informasi dengan penerima informasi. atau bahasa simpelnya media berarti
perantara.
New
media, apa itu???? Banyak diantara kita yang bertanya-tanya tentang arti sebenarnya
dari new media tersebut sedangkan New media, tidak ada istilah yang paling
spesifik untuk menggambarkannya. Karena new media hanya dapat dilakukan dengan
penjabaran secara umum. Yakni penggabungan dari media konvensional.
Manfaat
media itu sendiri yang bisa kita rasakan adalah sarana untuk memudahkan dalam
mendapatkan yang kita inginkan.
Dengan
penambahan istilah “new”, berarti berhubungan dengan waktu. Seperti dengan adanya
perubahan pada era modern serta bantuan teknologi computer , maka konsumen
dapat menikmatinya secara atraktif. Jadi new media ini memberi kesempatan akses
on-demand yang di peruntukkan untuk berbagai konten, tanpa batas tempat,
perangkat digital serta umpan balik pengguna interaktif, partisipasi kreatif
dan pembentukan masyarakat dari isi media tersebut.
Lalu
apakah computer bisa pula kita sebut pula sebagai new media? Karena banyak
orang yang beranggapan bahwa computer lah new media itu. Namun jika kita
timbang, bukankah computer hanya sebuah mesin dan tidak bisa dijadikan sebagai
barometer sebagai new media itu sendiri.
Media baru secara sederhana adalah media yang terbentuk dari interaksi antara manusia dengan komputer dan internet secara khususnya. Termasuk di dalamnya adalah web, blog, online social network, online forum, dsb yang menggunakan komputer sebagai media-nya. Jadi, sangatlah tidak tepat untuk memasukkan televisi, radio apalagi media cetak sebagai bagian dari media baru
Media baru secara sederhana adalah media yang terbentuk dari interaksi antara manusia dengan komputer dan internet secara khususnya. Termasuk di dalamnya adalah web, blog, online social network, online forum, dsb yang menggunakan komputer sebagai media-nya. Jadi, sangatlah tidak tepat untuk memasukkan televisi, radio apalagi media cetak sebagai bagian dari media baru
II. MANFAAT NEW MEDIA
1. Bidang Sosial
New Media juga baru-baru menjadi menarik bagi komunitas spionase global karena mudah diakses secara elektronik dalam format database dan karenanya dapat cepat diambil dan sebaliknya direkayasa oleh pemerintah nasional. Terutama yang menarik bagi komunitas spionase adalah Facebook dan Twitter, dua situs di mana orang bebas mengungkapkan informasi pribadi yang kemudian dapat disaring melalui dan diarsipkan untuk penciptaan otomatis berkas pada kedua orang bunga dan rata-rata warga negara
New Media juga baru-baru menjadi menarik bagi komunitas spionase global karena mudah diakses secara elektronik dalam format database dan karenanya dapat cepat diambil dan sebaliknya direkayasa oleh pemerintah nasional. Terutama yang menarik bagi komunitas spionase adalah Facebook dan Twitter, dua situs di mana orang bebas mengungkapkan informasi pribadi yang kemudian dapat disaring melalui dan diarsipkan untuk penciptaan otomatis berkas pada kedua orang bunga dan rata-rata warga negara
2. Bidang Industri/Dagang
hubungan terbuka dengan segmen pasar banyak di daerah seperti perangkat lunak / desain video game, televisi, radio, dan terutama film, iklan dan pemasaran, di mana industri berusaha untuk mendapatkan keuntungan dari dua arah dialog dengan konsumen terutama melalui Internet. Industri periklanan telah dikapitalisasi pada proliferasi New Media dengan agen-agen besar menjalankan multi-juta dolar iklan interaktif anak. Website interaktif dan kios telah menjadi populer. Dalam sejumlah kasus biro iklan juga telah membentuk divisi baru untuk mempelajari New Media. PR perusahaan juga mengambil keuntungan dari kesempatan di New Media melalui praktik PR interaktif. Interaktif PR praktik termasuk penggunaan media sosial [33] untuk menjangkau khalayak massa pengguna online jaringan sosial.
hubungan terbuka dengan segmen pasar banyak di daerah seperti perangkat lunak / desain video game, televisi, radio, dan terutama film, iklan dan pemasaran, di mana industri berusaha untuk mendapatkan keuntungan dari dua arah dialog dengan konsumen terutama melalui Internet. Industri periklanan telah dikapitalisasi pada proliferasi New Media dengan agen-agen besar menjalankan multi-juta dolar iklan interaktif anak. Website interaktif dan kios telah menjadi populer. Dalam sejumlah kasus biro iklan juga telah membentuk divisi baru untuk mempelajari New Media. PR perusahaan juga mengambil keuntungan dari kesempatan di New Media melalui praktik PR interaktif. Interaktif PR praktik termasuk penggunaan media sosial [33] untuk menjangkau khalayak massa pengguna online jaringan sosial.
3. Bidang Pendidikan
dalam bidang ini sangat memudahkan bagi pelajar maupun pengajar dalam mendapatkan materi yang di inginkan. Bisa melalui search engine kita bisa mendapatkan segala informasi, atau dengan fasilitas E-book, fasilitas email juga bisa membantu dalan proses mengerjakan tugas atau saling tukar informasi.
dalam bidang ini sangat memudahkan bagi pelajar maupun pengajar dalam mendapatkan materi yang di inginkan. Bisa melalui search engine kita bisa mendapatkan segala informasi, atau dengan fasilitas E-book, fasilitas email juga bisa membantu dalan proses mengerjakan tugas atau saling tukar informasi.
Tetapi
dampak New Media tidak hanya pada manfaat positivenya saja, Selalu ada dampak
negative pada suatu perkembangan teknologi termasuk media . Misalnya , pada
dunia internet terjadi banyak kebobolan pada situs Bank – Bank terkemuka akibat
orang – orang yang tidak bertanggung jawab , Banyaknya situs – situs pornografi
, pencurian akun , dan sebagainya . Oleh karena itu kita sebagai pengguna harus
bisa menseleksi perkembangan – perkembangan new media sehingga tidak terjerumus
ke dampak negative tersebut .
4. Bidang Kesehatan
Dalam bidang ini ,banyak sekali manfaat yang di rasakan langsung oleh orang yang sedang sakit, atau orang yang ingin mencari sesuatu bahan alami untuk menjaga kesehatan. Biasanya orang mengakses website yang isinya adalah resep obat yang tradisional.
Dalam bidang ini ,banyak sekali manfaat yang di rasakan langsung oleh orang yang sedang sakit, atau orang yang ingin mencari sesuatu bahan alami untuk menjaga kesehatan. Biasanya orang mengakses website yang isinya adalah resep obat yang tradisional.
5. Bidang Pencarian Kerja
Dalam bidang ini juga tentunya sangat berguna untuk orang - orang yang ingin mencari pekerjaan. Karena lewat New Media orang bisa menetahui lowongan pekerjaan, tanpa harus membeli koran atau keliling ke tempat perusahaan. Karena biasanya setiap instansi / perusahaan memiliki website , jadi kita cukup melihat website dari instansi itu. Melalui New Media juga para pelamar kerja bisa mendaftar lewat online.
Dalam bidang ini juga tentunya sangat berguna untuk orang - orang yang ingin mencari pekerjaan. Karena lewat New Media orang bisa menetahui lowongan pekerjaan, tanpa harus membeli koran atau keliling ke tempat perusahaan. Karena biasanya setiap instansi / perusahaan memiliki website , jadi kita cukup melihat website dari instansi itu. Melalui New Media juga para pelamar kerja bisa mendaftar lewat online.
6. Bidang Silaturahmi
Bidang adalah bidang yang sekarang paling banyak di akses oleh orang-orang, karena banyak sekali website yang bisa kita akses untuk melakuakan silaturahmi , salah satunya Facebook, Friendster, Twitter, My Space, Yahoo Messangger, Yahoo dan lainnya. Melalui website tersebut kita dapat bersilaturahmi pada sanak sodara yang ada di manapun, di website kita juga dapat mengirim photo,video dll.
Bidang adalah bidang yang sekarang paling banyak di akses oleh orang-orang, karena banyak sekali website yang bisa kita akses untuk melakuakan silaturahmi , salah satunya Facebook, Friendster, Twitter, My Space, Yahoo Messangger, Yahoo dan lainnya. Melalui website tersebut kita dapat bersilaturahmi pada sanak sodara yang ada di manapun, di website kita juga dapat mengirim photo,video dll.
III.KOMPONEN-KOMPONEN
NEW MEDIA
Komponen dari
new media yaitu : Handphone, Internet, dan Komputer. Handphone / Smart Phone
dapat dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Smart Phone kita dapat
mengakses bebesapa situs jejaring sosial diantaranya Facebook, Twitter, Email,
Plurk, Heello, FourSquare, dan lain sebagainya.
IV.
APLIKASI NEW MEDIA
Facebook
Siapa sih yang kenal dengan nama ini? Ya, hapir semua orang sekarang memiliki akun Facebook, mulai dari anak anak sampai orang dewasa berlomba lomba memperluas jaringan sosial mereka dengan menggunakan salah satu jenis new media ini. Facebook adalah sebuah social networking yang baru saja dirintis pada tahun 2006 oleh seorang mahasiswa Harvard yang bernama Mark Zuckerberg.Fitur fitur yang disediakan oleh Facebook cukup lengkap jika dibandingkan dengan social networking yang lain, fitur yang disediakan antara lain notes, wall, photos, aplikasi itunes, video, causes, dll, juga masih banyak aplikasi games, ataupun sejenisnya yang bisa digunakan melalui Facebook ini.
Siapa sih yang kenal dengan nama ini? Ya, hapir semua orang sekarang memiliki akun Facebook, mulai dari anak anak sampai orang dewasa berlomba lomba memperluas jaringan sosial mereka dengan menggunakan salah satu jenis new media ini. Facebook adalah sebuah social networking yang baru saja dirintis pada tahun 2006 oleh seorang mahasiswa Harvard yang bernama Mark Zuckerberg.Fitur fitur yang disediakan oleh Facebook cukup lengkap jika dibandingkan dengan social networking yang lain, fitur yang disediakan antara lain notes, wall, photos, aplikasi itunes, video, causes, dll, juga masih banyak aplikasi games, ataupun sejenisnya yang bisa digunakan melalui Facebook ini.
Youtube
YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer yang didirikan pada Februari 2005 oleh tiga orang bekas karyawan Paypal,:Chad Hurley, Steven Chen dan Jawed Karim. Menurut perusahaan penelitian Internet Hitwise pada Mei 2006 YouTube memiliki pangsa pasar sebesar 43 persen.
YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer yang didirikan pada Februari 2005 oleh tiga orang bekas karyawan Paypal,:Chad Hurley, Steven Chen dan Jawed Karim. Menurut perusahaan penelitian Internet Hitwise pada Mei 2006 YouTube memiliki pangsa pasar sebesar 43 persen.
Para
pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya
video-video di YouTube adalah klip musik, fil, TV serta video buatan para
penggunanya sendiri. Format yang digunakan video-video di YouTube adalah .flv
yang dapat diputar di penjelajah web yang memiliki plugin Flashplayer.
>>
Wikipedia
>> Twitter
>> Myspace
>> Myspace
V. CONTOH
NEW MEDIA
·
Internet
·
Televisi digital
·
Digital Cinema
·
Komputer (PC)
·
DVD
·
CD
·
MP3 Player
VI.
CONTOH AR DAN VR
Argumented reality adalah sebuah teknologi untuk menampilkan
objek virtual dalam dunia nyata dengan program komputer pada AR gambar visual
lebih terlihat hidup karena hampir mirip pengaplikasianya seperti hologram,
Sebuah aplikasi yang digolongkan sebagai aplikasi “augmented reality” apabila
aplikasi tersebut menampilkan lebih banyak objek nyata dibandingkan objek
virtual. Di sisi lain, sebuah aplikasi dimasukkan dalam klasifikasi “augmented
virtuality” apabila menampilkan lebih banyak objek virtual dibandingkan objek
nyata. Contoh aplikasi augmented virtuality adalah program tayangan berita di
televisi, di mana pembaca berita duduk di depan layar hijau (greenzone),
kemudian secara elektronis ditayangkan di layar televisi dengan latar belakang
tertentu yang berbeda dengan latar belakang asli
virtual reality, atau realitas maya, adalah teknologi yang
bisa membuat kita berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh
komputer, yaitu suatu lingkungan yang ditiru atau hanya imaginasi dari
lingkungan yang sebenarnya. Secara sederhana, VR adalah pemunculan
gambar-gambar tiga dimensi oleh komputer yang terlihat nyata dengan bantuan
beberapa peralatan khusus. Peralatan khusus itu dirancang untuk menjadikan kita
bisa merasakan dunia maya dan meyakini bahwa yang kita rasakan itu nyata padahal
tidak. Untuk memasuki VR, kita menggunakan alat-alat khusus seperti sarung
tangan khusus, earphone, dan kacamata khusus yang tersambung dengan komputer
beserta sistemnya. Sehingga kita merasa seperti sedang melakukan kegiatan
seperti yang dimunculkan pada aplikasi, contohnya : pada saat kita bermain game
balap kita merasa sperti turun langsung di arena balap tersebut, padahal
kenyataanya adalah kita tidak di arena balap, melainkan karakter pembalap yang
kita kendalikan melalui kontrol tertentu seperti joystick, sarung tangan
elektrik, kacamata dan lain sebagainya. Jadi, jelas beda kan antara AR dan VR.
SUMBER
: